Menghindari Virus di Facebook

Taufan Abdi

(WARNING : Yang ini bkn virus y…)

Demam facebook bikin beberapa hacker dunia juga makin gencar bikin masalah baru dengan virus-virus ciptaannya. Wah, bahaya tuh! Tapi jangan kuatir, siang hari ini LONG TIME NO SEE ditemanin sama Steffan Surya, akan kasih info tentang jurus jitu untuk menghindari virus dari facebook, dan pastinya gak cuma itu ajah karena masih banyak beberapa info seru lainnya seputar perkembangan teknologi yang ada sekarang, sambil diputerin koleksi lagu-lagu lawas sebelum tahun 2004, hehe Unik kan? Musiknya jadul tapi infonya modern hehe

DM Readers, semakin canggih teknologi maka semakin banyak juga para hacker buat menyusup melalui media apa ajah untuk menginfeksi dan mengacaukan sistem komputer. Salah satunya nih melalui facebook yang akhir-akhir ini menjadi populer, ternyata juga gak luput dari sasaran hacker lho! Menurut Global Director of Education dari perusahaan keamanan internet Trend Micro, menerima aplikasi semacam hadiah virtual atau link berisi video-video menarik yang dikirimkan melalui facebook adalah hal yang menyenangkan bagi para penggunanya. Tapi kita patut berhati-hati karena hacker memanfaatkan pengiriman aplikasi dan link sebagai media untuk menyebarkan virus. Juru bicara tersebut mencontohkan waktu beberapa waktu silam para pengguna Facebook sempat jadi sasaran jenis virus baru bernama Koobface worm dan sejumlah aplikasi aneh berisi virus jahat. Oleh karenanya, baik Trend Micro maupun Facebook menghimbau agar para pengguna Facebook berhati-hati dalam mengelola dan memberikan informasi dalam akun mereka. Seperti yang dilansir oleh CBC, mereka memberikan beberapa saran agar terhindar dari infeksi virus jahat yang disebarkan melalui Facebook.

1. Berhati-hatilah dalam menginstal aplikasi. Yang terbaik adalah tidak menginstal aplikasi Facebook yang dikirimkan oleh orang tidak dikenal terutama bagi aplikasi-aplikasi aneh yang tidak umum terdapat dalam Facebook.

2. Cek lebih teliti sebelum menginstal aplikasi. Sebelum menginsatal aplikasi Facebook, pertama kalli yang harus dilakukan adalah mengecek daftar dan review hasil scan. Bacalah dengan teliti sebelum kamu menginstalnya. Jika tidak, virus akan mudah mengintai kita.

3. Tidak mengklik link yang terlihat aneh. Jika dirasa link tersebut terdapat kejanggalan, lebih baik jangan mengkliknya. Jika dikatakan link tersebut berasal dari salah satu teman, sebaiknya konfirmasi terlebih dahului pada teman tersebut. Bisa saja si pengirim link berpura-pura menjadi teman kamu.

4. Pastikan aplikasi itu bukanlah sesuatu yang mengharuskan untuk melakukan verifikasi identitas yang lengkap dan rahasia. Kamu harus berhati-hati dengan informasi yang diposting ketika akan mengakses game Facebook dimana para penggunananya harus membagi 25 fakta secara acak berkaitan dengan diri dan teman-teman kamu.

5. Beri pertanyaan tambahan untuk melindungi akun kita. Cara ini akan membantu untuk membuktikan identitas kalo sewaktu-waktu informasi akun kamu dicuri orang lain.

6. Laporkan setiap spam dan kejanggalan yang kamu temukan pada akun melalui link yang telah disediakan oleh Facebook.

7. Waspada dengan situs-situs yang mirip dengan Facebook. Jangan mudah memasukkan password kecuali kamu benar-benar yakin berada dalam situs Facebook yang asli.

8. Lindungi password kamu. Jangan gunakan password yang sama dengan yang kamu gunakan untuk situs lain. Yang lebih penting lagi, jangan pernah memberitahukan password pada siapapun.

9. Meski kamu tidak menggunakan Facebook, ada baiknya membuat profil pada situs-situs tertentu. Hal ini untuk menghindari agar tidak ada orang yang menggunakan nama dan profil kamu untuk membohongi orang lain.

Info lain nih DM Readers,

Game “Dino Duel” produksi Matahari Studios dan “Game Edukasi” produksi pesona edukasi dari Indonesia mendapat sambutan positif dari kalangan pecinta game di Amerika Serikat, Eropa dan Australia. Menurut Wakil Ketua Bidang Videogame Pengembangan Komunitas Masyarakat Industri Kreatif Indonesia (MIKTI) di Jakarta, dalam mediaindonesia.com, mengatakan bahwa banyak game produksi orang Indonesia yang laris di tingkat internasional, salah satunya game Dino Duel dan game edukasi yang telah diekspor ke 23 negara. Perkembangan industri game di Indonesia dari tahun ke tahun memang menunjukkan tren positif. Perkembangan positif dimaksudkan karena industri game di Indonesia sebagai salah satu dari 14 sektor industri kreatif yang mendapat perhatian dan suport penuh dari pemerintah. Dalam satu hingga dua tahun ke depan industri game pasti akan lebih menarik, mengingat pasar domestik kita sangat besar. Saat ini DM Readers, para kreator game di Tanah Air sedang mengerjakan berbagai game bertema pendidikan (game edukasi), game periklanan (advertasing), game mobile untuk handphone dan juga game pesanan dari luar negeri yang beredar di internet. Banyak sekali game casual yang di download melalui internet hasil karya orang Indonesia tapi di publish oleh luar. Khusus game periklanan (advert gaming), pasar lokal di Indonesia dikuasai oleh produk lokal. Demikian pun dengan game pendidikan juga dikuasai oleh produk lokal mengingat game dari luar negeri tidak seluruhnya sesuai dengan kondisi sosial budaya masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri, industri game baru berkembang dalam beberapa tahun belakangan dan belum dilirik oleh begitu banyak orang. Sedangkan animo belajar game para remaja di Indonesia lumayan cukup tinggi, namun masih sedikit lembaga perguruan tinggi yang menyedihkan jurusan di bidang animasi termasuk game. [sumber : mediaindonesia.com]

DM Readers, Google sekarang sedang mempersiapkan peluncuran program sistem operasi (OS) dengan sebutan Google Chrome OS untuk PC tahun 2010. Google Chrome diyakini diluncurkan untuk menjawab dominasi OS di dunia yang masih dipegang oleh perusahaan raksasa Microsoft dengan produk OS Windows-nya. Untuk awal peluncurannya di pertengahan 2010, Google Chrome akan terlebih dahulu tersedia untuk PC. Tapi Google mengklaim kalo produk OS pertamanya tersebut juga akan tersedia untuk netbook nantinya. Penggunaan Google Chrome akan membuat komputer berjalan lebih cepat. Salah satu contohnya, pengguna akan bisa mengakses sebuah situs internet hanya dalam hitungan detik. Google yang akan menggandeng beberapa manufaktur lain untuk memproduksi Google Chrome menyatakan bahwa OS tersebut dikembangkan dalam sebuah proyek baru yang terpisah dari proyek Android, OS produksi Google bagi pengguna telepon genggam berjenis smartphone. [sumber : mediaindonesia.com]

DM Readers, selama ini kita mempercayai kalau Neil Armstrong adalah manusia pertama yang mendarat di bumi. Tapi ternyata rumor yang menyebutkan kalau pendaratan manusia di bulan adalah suatu bentuk teori konspirasi belakangan kembali mencuat. Semakin banyak pihak dan bukti yang menguatkan keraguan Neil Armstrong pernah melakukan pendaratan di bulan 40 tahun silam. Ada beberapa bukti yang menyebutkan bahwa Armstrong dengan misi Apollo 11 sebenarnya tidak pernah ke bulan. Yang sebenarnya terjadi adalah, Armstrong berada di dalam sebuah studio alam buatan di sebuah tempat di Arizona yang sengaja diseting mirip dengan keadaan di bulan. Menurut sebuah tulisan yang dikutip dari Moon Daily, hal ini sengaja dilakukan oleh NASA dan pemerintahan Amerika Serikat untuk menciptakan ketakutan publik dan menyelamatkan imej Amerika yang mulai meredup karena kekalahannya dalam perang Vietnam. Langkah ini juga sekaligus ingin memukul telak Uni Soviet yang kala itu bersaing ketat dengan Amerika dalam kemajuan teknologi luar angkasa. Para pihak yang meragukan berupaya menghantam hal ini dengan memperbanyak teori dan bukti ilmiah yang menguatkan. Di antaranya, mereka memaparkan teori yang menyebutkan bahwa kemungkinan besar para astronot itu akan habis terpanggang terlebih dahulu saat melewati ’sabuk’ Van Allen sebelum mencapai bulan. Dalam sebuah kesempatan yang membahas segala kejanggalan pendaratan manusia di Bulan, salah satu ahli astronomi bernama Phil Plait, mengemukakan kejanggalan foto pendaratan Armstrong. Pada foto yang selama puluhan tahun telah terpublikasi ke seluruh dunia itu, sama sekali tidak nampak keberadaan bintang di langit. Tidak ada atmosfir di Bulan, dengan demikian seharusnya bintang-bintang yang terlihat dari langit di Bulan akan bersinar lebih terang. Plait dan rekan-rekannya juga memberi catatan soal bendera Amerika yang terlihat berkibar pada foto dan video rekaman. Mereka mengatakan, mustahil bendera tersebut bisa berkibar karena sesungguhnya tidak ada udara di Bulan. [sumber : techno_okezone.com]

Dan info terakhir yang disampaikan Steffan di LONG TIME NO SEE hari ini adalah tentang PLN Jatim yang menggunakan 17 Tenaga Robot CJDW. Robot Control Jog Double Way (CJDW) inovasi dari Maskur, Heru, dan Anton Sugiarto dari Jawa Timur, kini dapat menggantikan petugas PLN dalam membersihkan bentangan kabel maupun untuk mengikat konduktor yang terurai di ketinggian. Menurut mereka, Berbeda dengan cara manual, misalnya dengan galah dan obor yang membakar benang dan kerangka layang-layang di kabel, robot CJDW yang dilengkapi gas dan pemantik dapat mendekat ke sasaran dan membakar sampah tersebut langsung di tempat. Untuk mengikat konduktor/rambut kabel yang terurai, petugas tidak usah lagi mengarahkan galah ke kawat berbandul, karena robot CJDW dapat mengikat lebih rapi dengan cara dikontrol teknisi yang mengawasi dari kamera. Selain itu, robot CJDW dapat memotong ranting di dekat kabel listrik dan kamera di badannya dapat memeriksa konduktor serta mendeteksi serat optik yang putus. Pekerjaan-pekerjaan itu bisa dilakukan dalam kondisi listrik tidak dimatikan. Dengan robot tersebut, pemeliharaan jaringan antara tiang, apalagi yang menyeberangi sungai, persawahan, dan pegunungan, selain jauh lebih mudah, juga memperkecil risiko kecelakaan. Sejak Anton dan kawan-kawan dalam Tim Pekerjaan di PLN Jawa Timur pada 2007 menyelesaikan prototipe robot CJDW, kini sudah 17 unit yang dioperasikan PLN di Jatim. Kemungkinan robot ini akan dipakai untuk merawat dan memperbaiki jaringan kabel tegangan menengah se-Indonesia. [sumber : mediaindonesia.com]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: